Kami sedang menunggu buku ketujuh kami tentang "Mbah Mutamakin"

Minggu, 11 Juli 2010

Gus Dur dan Al-Palembani

Gus Dur dan Al-Palembani
Buku Pak Dr. Alwi Shihab yang berjudul Islam Sufistik mencatat ada dua nama Al-Palembani yang terkenal, yaitu Syaikh Abdul Shomad Al-Palembani dan Syaikh Syihabuddin Al-Palembani. Dua-duanya adalah tokoh tasawuf Sunni yang menggantikan posisi Al-Raniri dalam pergelutan pemikiran melawan pengikut Hamzah Fansuri. Al-Palembani yang ditemui Gus Dur adalah yang Abdul Shomad. Beliau ini keturunan Arab Yaman. Ayahnya, Syaikh 'Abd Al-Jalil ibn Syaikh 'Abd Al-Wahhab Al-Mahdani yang berhijrah ke Palembang pada penghujung abad ke-17 M. Abdul Shomad Al-Palembani ini yang menerjemahkan dua karya Al-Ghazali: Bidayah Al-Hidayah dan Lubab Ihya 'Ulum Al-Din. Berikut ungkapan Gus Dur tentang Al-Palembani:
Gus yang anda temui Al-Palembani itu siapa Gus? Syaikh Abdul Shomad apa Syaikh Syihabuddin. Keduanya kan mempunyai nama belakang Al-Palembani?
Abdul shomad.
Anda yang menemui apa dia yang menemui?
Saya yang menemui
Apa yang menarik bagi anda Al-Palembani ini?

selanjutnya....

5 komentar:

ANN mengatakan...

dear dito
Kenapa kamu suka sekali ngobrol sama GUS DUR? Sama syeh siti jenar dong?

Argawi Kandito, mengatakan...

Mereka itu sama menariknya..Gus Dur menarik...Syeh Siti Jenar juga menarik...
Sekarang ini saya sedang mengkodifikasi obrolan saya dengan Syeh Siti Jenar...rencananya akan saya munculkan dalam bentuk buku.
Sebagian pernah saya singgung-singgung difacebook...
Tunggu tanggal mainnya....
Trims.

futske mengatakan...

for..mas dito
dialog dengan syek siti jenar berarti panjang donk sampai dibuat buku,kayaknya menarik tuh,dalam bentuk buku,tapi apa nggak dishare lagi tah sedikit dialog mas dito dengan syeh siti jenar..di blog mas dito ini..??

Haqqani mengatakan...

semoga kita bisa bertemu..
tolong sampaikan salam saya pada gus dur.. saya rindu dia.. saya salah seorang pengagumnya..
terima kasih..

Argawi Kandito, mengatakan...

@ Futske:
Betul...panjang, karena itu biografi utuh...tapi tulisan saya bikin singkat padat, jelas..

@Bung Aji:
Ya..Gus Durnya didoakan saja..kirimi ia al-fatihah...